Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke
antar bagian dalam komputer, gambar berikut memperlihatkan orang yang sedang
menggunakan komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched
card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih
dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan
tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan
perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil
yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di
lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di
proses.
Gambar Wanita sedang menggunakan komputer ENIAC
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya
oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri /
perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak
dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser
menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan
oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di
lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu
menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real
time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan
antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini,
perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat
lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani
internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh
penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat
lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
Era Modern
Saat ini perangkat lunak
sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah supercomputer dengan 25
prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat
lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan
seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan
perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi
adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat
saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan
segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa
tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya.
Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin
meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa
mengenal suara dan gambar.
Perkembangan Software saat ini
Komputer membutuhkan data atau fakta, dimana data ini
pada saat diinput akan diterjemahkan menjadi bilangan biner. Saat ini, tingkat
pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan
mesin) mulai berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia).
Kemampuan komputer dirasakan sangat berkaitan dengan
perangkat keras dan perangkat lunaknya, maka dari itu diperlukan perangkat
lunak yang benar-benar mendukung perangkat kerasnya.Bentuk paling sederhana
dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan
sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar) atau 0 (salah), cara ini sudah
pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut
menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit), double word (32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur
instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika,
dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler.
Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat
menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup
membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat
tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan
perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks,
dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan
orang dalam pembuatannya.
0 komentar:
Posting Komentar