Assalamualaikum PARA RIDER
Pada
kesempatan ini saya ingin blog tentang tunggangan besi saya yaitu BAJAJ
PULSAR 200 tahun 2008 yang model lama sih hehe. Bukan kakaknya yang
PULSAR KAWASAKI NS hehehe
Saya sekarang sebenarnya mau sharing-sharing khususnya buat rider pulsar 200
Spesifikasinya :
Technical Specifications
Engine
Type: 4-stroke, DTS-i, Oil cooled
Displacement: 198.8 cc
Max Power: 18 Ps / 13.25 Kw
Max Torque: 1.75 kgm / 17.17 Nm
Suspension
Front: Telescopic forks 135 mm stroke
Rear: Triple rate spring, 5 way adjustable, gas charged NitroX shock absorbers
Brakes
Front: 260 mm hydraulically operated disc brake
Rear: Mechanically expanding 130 mm drum type
Tyres
Front: 90/90 x 17” Tubeless tyre, shod on aluminium alloy wheels
Rear: 120/80 x 17” Tubeless tyre, shod on aluminium alloy wheels
Fuel Tank
Full: 15 Lts ( 2 liters of usable reserve)
Electricals
System: 12V AC + DC
Headlamp:35/35W clear lens type with 2 pilot lamps
Dimensions
Wheelbase: 1345 mm
Weight: 145 Kg
Jadi awal awal saya melihat iklan di TV di tahun 2008. Iklan pulsar ini sangat menarik di iklannya para penunggangnya stunt ke atas atas gedung. Wah, saya langsung tertarik dengan motor pulsar Tetapi yang membuat saya merasa janggal yaitu namanya BAJAJ. setelah saya cari-cari infonya ternyata motor pulsar ini Lahir di INDIA sana pantas namanya BAJAJ. Setelah tau harga nya saya tertarik karna pas di kantong dan krangka motornya yg bagus karna buatan india. karna, buatan india besi-besi kerangkanya itu bagus sekali.
Setelah memakai sekitar memakai 5 tahun baru berasa motor butuh perawatan lebih tetapi sampai tahun 2015 belum pernah turun mesin. Yang membuat kendala masalah di motor ini kebanyakan di bagian Rantai, Gear set, Aki udah itu aja. selain itu belum pernah ada masalah lagi dari situ saya percaya akan tangguhnya motor ini. Akan tetapi karena pabrik bajaj di indonesia sudah tutup jadi sparepartnya kurang dan mahal. biasanya saya dapet informasi dari tetangga saya kalau spare partnya ada di sekitar BKT dekat Jembatan yg tembus ke kalimalang. katanya disitu banyak
kalao mau modif modif ganti spare part pulsar saya dapat dari blog lain
1. Gear set indopart ada untuk pulsar 200 saya tanya sama penjualnya harganya 200.000 sudah pasang. Mungkin sekarang sudah abis karna banyak sekali permintaan dan stocknya dikit. di daerah otista
2. AKI saya pakai AKI GS ASTRA AKI BASAH harganya murah hanya 210.000 saya beli di otista. tetapi, kalau aki basah harus perawatan lebih dari pada aki kering. dan aki kering harganya 300.000 ke atas
Atau saya dapet dr BLOG lain rincian Spare part pulsar
Gear :
Depan 15 (subsitusi RXZ PnP atau MX, Byyson dan Rx King (dengan penambahan lubang baut penahan satu lagi))
belakang 43 (subsitusi Honda GL Series, jumlah mata disesuikan keperluan)
Rantai Tipe 428H (Satria 2 tak atau Aftermarket )
– Untuk yang mau pakai rantai 520 bisa pakai Gear depan Ninja R dan Gir gir belakang tiger. Jumlah mata disesuikan keperluan)
Bearing Pelek belakang dan Nap Gear : 6202, 6302 dan 6005
Ukuran as belakang : 15mm
Bearing Pelek depan : 6301
Ukuran As depan : 12mm
Ukuran As tengah 14mm (subsitusi bushing pakai honda Tiger)
(UG3 bisa pakai arm UG4 dengan penyesuaian di bushing belakang dan panjang rantai. Minim ubahan)
Karet teromol : Kawasaki Ninja 150R, lebih awet.
Kampas kopling
P180 UG3 dan P200 (Perkopling 4 buah) : Kawasaki Ninja 150R / yamaha scorpio
P200 (perkopling 5 buah) P180 UG4 dan P220 bisa : Yamaha RX-Z.
Keteng P180 dan P200 bisa pakai keteng Honda GL 100 98 mata
Acuu / aki 9 Ampere, bisa pakai produk GS, Yuasa atau Motobatt (type gel).
Lampu:
Depan utama 35w/35w kaki H4
Pilot lamp/Lampu senja : 5w T10
Lampu sein :
Spuyer
Pilot jet : Yamaha Scorpio/Satria 2 tak.
Main jet : Tiger / Suzuki Satria FU.
Busi
Subsitusi dengan Honda Kharisma atau Satria FU. Pilihan merek, NGK type CR8E atau Denso IU-27A.
Piston
Ukuran standar diamter 63mm dengan pen 17mm (untuk pengantian silahkan di lakukan sesuai selera, budget dan jantung)
Pen pelatuk rocker arm bisa pake smash/shogun dan kawasaki kaze
Karet rumah kopling bisa pake supra
per kopling pake smash ori ( lebih responsip)
Kabel kopling Bisa pakai Honda GL Pro/CS1 atau Vespa (Beli nepelnya juga untuk nyangkutin ke penarik stut koplingnya)
Kabel gas / Tali Gas : GL 100, RX King
Seal Persneling subsitusi dengan seal persneling suzuki shogun/smash
Seal Gear subsitusi dengan seal shock depan Supra x / Force 1
Seal Master Rem P180 UG3 : Yamaha Force 1.
Seal sokbreker depan P180 UG3 : Honda Tiger atau GL Pro Neo Tech, (diameter 31mm)
Karet Vakum
P180, P200 dan UG4 180 : Thunder 125 (untuk lebih enak pakai yang Thunder 250)
Tutup magnet pulsar bisa pake punya Honda Grand/Supra
Knalpot bisa tuker2an antar pulsar 180, 200 dan 220 (penyesuaian di pegangan knalpot belakang)
Kick stater subsitusi dengan satria FU atau Ninja 150
Step depan : step boncengers suzuki smash / step depan megapro
Pelor komstir : Honda Grand
Kampas rem depan : Vario (papas sedikit dibagian C nya)
Kampas rem belakang : RX King
switch rem depan pnp punya supra
SUMBER : https://sabdho.wordpress.com/2014/03/11/part-subtitusi-pulsar-ug3/
Okay segitu dulu Salam Rider
Wasalamualaikum
0 komentar:
Posting Komentar